Modifikasi Yamaha Vixion design Yamaha R6 Bodykit Set Part.02

December 27, 2007 at 6:18 am 49 comments

Hallo Friends..gak nyangka ternyata banyak juga yang nunggu-nunggu tulisan gw berikutnya, thank you buat email2xnya. :) buat ngebales semua itu kali ini gw mau tulis selengkap mungkin proses apa aja yang udah berlanjut termasuk tutorial singkat bagaimana buat cetak body dari fiber, thank you juga buat komen-komen yang membangun dan masukan-masukanya. Selamat hari Natal dan Tahun Baru 2008.
Tangki dan buntut belakang R6 gw dah jadi, berikut gambar-gambarnya. Detail bgt bro! (Hayoo..sapa bilang gak bisa mirip & ga bisa detail?) :)

R6 Bodikit Set Vixion

R6 Bodykit Set Tangki & Buntut atas dan penutupnya, siap dipasang di V-ixion

Tangki R6

Nahh..yang ini tangki R6, 100% detail, pake tutup tangki Ninja.

Buntut R6

Sexy banget buntut Yamaha R6. Ga sabar buat di pasang di Vixion

Tangki R6 di Vixion

Nih..tangki R6 di Yamaha Vixion

Ok, kita mulai dengan “bagaimana cara cetak fiber” gw tau dah banyak yang tau tp ini buat yang pingin tau sedikit dan cara gw ini mungkin berbeda dengan cara yang sebenarnya karna gw juga belajar sendiri alias otodidak.

Resin dan serat fiber

1kg resin, catalyst, serat fiber (mat), kuas, sumpit buat ngaduk, mirror glaze dan mangkok kecil

Barang2x yang harus disiapkan: Resin, Catalys (cairan yang buat resin jadi keras), Fiber mat dan talk. Bahan-bahan utama ini bisa dibeli di toko kimia satu set 1kg resin 1kg fiber mat (serat fiber) ama catalyst. di Jakarta sih banyak di daerah Jatinegara. Trus siapin juga gunting, kuas (beli kuas yang murah aja
karna ntar kuasnya gak kepake lagi), dan masking tape besar & kecil, sumpit buat ngaduk bisa minta ditukang mie ayam.

PERHATIAN
Debu & Serat fiber glass itu bisa buat loe gatel2x, sesak napas kalau kehirup, jadi pastikan loe kerja di tempat yang terbuka dan kerja serapih mungkin.

Kita pake tangki Vixion buat percobaan nyetaknya.

image137.jpg

Tangki Vixion yang udah kita lapisin dengan masking tape.

Step 0. (mang ada?) :)
Bungkus semua permukaan tangki dengan masking tape, jangan sampe ada sedikitpun lubang karna cairan resin bisa masuk trus ngerusak tangkinya.
Santai aja bungkus yang rapi. Siapin juga koran bekas buat lindungin bagian-bagian dr Vixion loe.

mate fiber

Step 1.
Gunting mat fiber menurut pola tangki yang sebelumnya kita buat dari potongan koran.

Resin
Step 2.
Campurkan Resin & Catalyst, Jangan campurkan catalysnya banyak2x karna bisa ngerusak cat tangkinya karna panas dan
hasilnya pun bisa pecah-pecah.

Step 3.
Aduk yang rata, loe punya waktu kira2x 10 menit karna resin dan catalysnya akan mengental trus kering, tapi santai aja jangan buru2x kan kita ngejar
kerapihan.

kuas

Step 4.
Ambil kuasnya trus oleskan resin secara merata ke permukaan tangki, tipis aja gak apa karna fungsinya buat melekatkan mat fiber, ini layer pertama.

mat

Step 5.
Letakkan Mat fiber diatasnya, trus di ratain lagi pake resin dengan cara tekan perlahan dengan kuas, bahasa ingrisnya “di totol totol” ..hhaha.

image161.jpg
Step 6.
Lanjutkan semua proses sampai semua tertutup rapi dengan mat fiber, untuk hasil akhir fiber yang kuat bisa dipake 2-3 lapis mat…

image162.jpg

Step 7.
Tunggu ampe kering, gw tinggal ke acara temen gw kawinan pulangnya dah bisa dibuka kira2x 4-5 jam.

image175.jpg

Hasil cetakan fiber yang dah kering

image173.jpg

Gunakan gunting untuk ngerapihin sisa-sisa fiber

Step 8.
Fiber Glass yang udah kering cabut perlahan dari tangki..agak lengket sih tapi, tarikk terusss…dan…taddaa… ini dia hasilnya.
Not Bad!. Gunting untuk meratakan dan merapikan sisa-sisa fiberglass yang ikut mengeras pada samping tangki.

Dengan cara-cara dasar ini loe bisa aplikasikan ke project-project lain seperti kalo mau buat cover tangki, spakbor kolong dll…there’s no limit!!! just use your imagination.
Dari langkah-langkah simple dan gampang diatas gw dah buat beberapa project fiber seperti dudukan tempat TV 14″ mobil, dudukan untuk Tabung
Nitrous Oxide di mobil gw sendiri dan juga project terakhir design modifikasi vixion gw, jadi gak ada salahnya loe coba juga, it’s fun!
Untuk finishing gunakan dempul mobil truss di amplas sampai halus.

Sekarang kita langsung aja deh ke step berikutnya, Setting tangki dan setting buntut Yamaha R6 ke Vixion, menurut gw Vixion itu dah dilahirkan dari R6, karna untuk setting gw gak nemuin permasalahan besar, waktu setting butntut permasalahanya ada di sebelah kanan dan kiri rangka vixion karna ada kotak hitam yang nempel.

image181.jpg

Tampak samping dengan tangki dan buntut R6 tapi blum ada tutupan bawahnya.

image182.jpg

Another view..for your pleasure :)

image190.jpg

Sexy back! sexy banget..tull gak bro?

image192.jpg
Vixion dah keliatan berisi gak ceking lagi… na..na..na..

Dah kebanyakan gw nulis nih…sampe ketemu lagi di Modifikasi Yamaha Vixion design Yamaha R6 Bodykit Set Part.03!!… out..

Entry filed under: Modifikasi. Tags: , , , , , , , , , , , , , .

Modifikasi Yamaha Vixion design Yamaha R6 Bodykit Set Part.01 Modifikasi Yamaha Vixion design Yamaha R6 Bodykit Set Part.03

49 Comments Add your own

  • 1. error  |  December 28, 2007 at 6:41 am

    mantap… lanjutkan perjuanganmu bro!!

    @Error…thanks! you 2..!

    Reply
  • 2. tjy  |  December 28, 2007 at 10:30 am

    di tunggu lanjutannya bro…, sambil nunggu si-ion gw dateng, dah 3 bln nih nunggu.

    “@tjy, good luck bro! Vixion is worth waiting”

    Reply
  • 3. harisamry  |  December 28, 2007 at 11:26 am

    ………….MANTAB …..BE……MAN…………..

    ………………….SALAM KENAL………………..
    …………..harisamry@yahoo.com………………..

    @Haris, “Salam kenal juga…”

    Reply
  • 4. rivrav  |  December 28, 2007 at 1:25 pm

    wowwww…nice job bro…its PERFECT!…but gw mau tanya nih bro….judul stang jepit ente mereknya apa bro…karna yg gw pake skrang gw ada trouble sama stang gw nga bisa di kunci jadi gw harus baplangin biar bisa di kunci.anyway,merek stang loe apa bro?thanx

    @ Bro Rivrav. Mereknya mungkin ga ada tapi gw pake punya Ninja KRR, cari yang melengkung jadi masih bisa dikunci stangnya, emang sih agak mentok tangki dikit…

    Reply
  • 5. Rommy  |  December 28, 2007 at 1:54 pm

    mantap bener…………..bisa nih kapan2 dicoba..
    masalah harga serat fiber (mat) berart bro boleh tahu 1kg nya..

    @Rommy, 1kg mat kisaran 30 ribu keatas..tergantung jenisnya..Harganya biasanya beda2x setiap toko kimia, untuk harga biar pasti bisa langsung tanya ke toko kimia terdekat..

    Reply
  • 6. imam  |  December 29, 2007 at 2:22 pm

    mantapppp!!!!!!!!!!!
    btw, kan yg dicetak kan tangki vixi kQ bisa jadi tangki model R6??

    @Bro Imam, cetak tangki vixion itu buat dudukan dasar tangki biar pas, itu juga cara dasarrnya aja..setelah itu tangki bisa dibentuk model apa aja..

    Reply
  • 7. mblung  |  December 29, 2007 at 6:43 pm

    TWO THUMBS UP…
    Thanx buat update nya….
    Mo tanya itu resinnya yg berapaan??
    trus cara biar gak timbul lubang2 kecil di hasil cetakan fibernya gimana ya??

    @mblung, untuk harga resin biasanya setiap toko beda2x dan tergantung jenisnya, untuk harga bisa langsung tanya toko masing2x…klo gw jawab disini takut merusak harga resin dunia..hhehehe. Untuk ngilangin lubang kecil2x kalo gak salah ada tekniknya divacumm…tapi kalo dikit doang sih gak apa bisa pake dempul buat ngilangin bolong2xnya.

    Reply
  • 8. radityan  |  January 1, 2008 at 5:49 pm

    Boz, gw punya vixi hitam,

    mau pesen dunks ;)
    R6 bodykit set Tangki & Buntut atas dan penutupnya plus cat hitam, kena biaya berapa ya

    ditunggu ya email-na

    Thx

    @Radityan, Boleh aja ..tapi mendingan tunggu sampe jadi biar sama-sama puas… :p

    Reply
  • 9. ardilo  |  January 2, 2008 at 5:15 am

    bro udah jadi belum neh bro modifnya?
    kalo dah jadi boleh dunk vixi g di modifin.kira2 abis berapa duit bro n berapa lama makan waktunya.

    btw makasih bro atas saran stang jepitnya

    thnks

    Reply
  • 10. Jin  |  January 5, 2008 at 3:44 am

    Salam kenal.. bro..
    Mo tanya…
    Beli di mana tuh bro stang jepit KRR yang model melengkung ??? Part asli atau bukan ?? Harganya berapa ???

    Reply
  • 11. tian  |  January 5, 2008 at 3:37 pm

    keren abis bro…
    bisa buat fairing r6 nya juga ga???
    klo bisa kan enak gw bisa pesen satu paket
    tangki, buntut, fairing

    Reply
  • 12. kupi'ng Gajah  |  January 8, 2008 at 7:35 am

    Bro…Busyet banget….gw jd pengen ikut jejak loe neh….cepet pengen nyoba…….ntar gw nanya2, boleh kan bro?….CAYOOOO…..

    Reply
  • 13. arif r  |  January 8, 2008 at 7:20 pm

    nt klo udah jd semuax body R6 sampean sy mau liat, klo ok tak pesan. kirim gambar plus daftar hrgx ya ke email ko!!!

    Reply
  • 14. huda  |  January 10, 2008 at 8:53 am

    boss, kapan nih jadinya??dah ga sabar pengen liad.

    Reply
  • 15. dhie  |  January 13, 2008 at 3:33 pm

    keren bro!!!! banget!!

    Reply
  • 16. indra  |  January 21, 2008 at 1:34 am

    lam kenal bro.
    aku dibalikpapan, disini tuk buat fiber mahal,
    makanya saya mau belajar,
    ada beberapa kendala sih
    kurang rapi, dan makan banyak dempul.
    kalo buat mall buntutny r6 gimana dong?

    Reply
  • 17. bukugambar  |  January 23, 2008 at 4:22 am

    Buat semua yang udah ngisi thank you ya, gw coba jawab satu2x juga kadang2x agak lama, harap maklum ya..
    Gw coba jawab semuanya langsung disini.

    @ 9.Ardilo : Seperti yang kita liat diblog ini semua masih dalam proses bro, untuk kisaran harga belum gw hitung
    totalnya yang pasti tidak mahal kok, makan waktu sebenernya gw bisa bilang gw bisa ngerjain 2 minggu untuk semua
    ini tapi karna berhubung waktu gw agak dikit jadi gw nyicil ngerjainnya. Thanks juga.

    @10. Jin : Salam kenal juga, untuk stang jepit bisa dibeli atau dicari di Otista atau Kebon Jeruk III, langsung ke toko
    kawasaki ninja, mereka ada yang ori dan yang biasa kisaran harga sekitar 80ribuan kalo yang ori bisa 100 ribuan keatas

    @11.Tian : Thanks, yup bisa bro buat fairingnya sedang proses juga, wahh mau pesen ya..ok klo dah jadi gw kabarin.

    @12. Kupi’ng Gajah : Ikutin jejak gw?..hehe gw jg masih belajar.. ok bro let’s do it.., tanya-tanya boleh dongg..

    @13. Aris : Pesan boleh bro..tapi ntar ya klo dah jadi yee..bro harus liat dulu gimana hasil akhirnya..sapa tau jadinya ntar gak menurut selera..haha..gw usahain yang terbaik.

    @14. Huda : Sama bro gw juga gak sabar pingin cepet2x jadi..doain biar kita dapet liburan panjang biar gw kelarin semua.. :)

    @15. Dhie : Thank you bro!

    @16. Indra : Met kenal juga bro!, buat mall buntut R6 bisa macam2x bro, paling gampang emang kalo udah ada dasarnya, tapi bisa juga dibuat dari bentuk dulu menurut gambar bisa pake 3D software ato bisa langsung di ukir ato di buat kaya patung pake tanah liat, setiap oranng biasanya beda2x caranya..

    Reply
  • 18. Jin  |  January 24, 2008 at 8:40 am

    @owner_bukugambar..
    Maksud gw yang model melengkung bro… soalnya klo yang model ori biasa gw dah beli di dealer kawasaki. Klo yang melengkung itu juga dijualkah di dealer ??

    Tnx b4..

    Reply
  • 19. Chionk  |  January 25, 2008 at 1:57 pm

    Salam kenal bro…… Bro gw mau dunk, gw minta foto and perincian harganya dunk, kirim ke email gw yah……
    Thanks

    Reply
  • 20. dede  |  February 13, 2008 at 3:17 pm

    Top abis bro.. Oia klo bs jgn d warnain aja. Tp ada corak2 gambarnya bro.. Kya kaligrafi gitu deh.. Kan biar keliatan lebih mecing lg bro.. Ok deh lam kenal aja nich ya bro..?

    Reply
  • 21. wawan  |  February 16, 2008 at 6:49 am

    lam kenal bro… boleh jg tuh buntut…!? Bos gima tuh bikin master cetakan bodynya ..? ko bisa rapih bngt. bahanya terbuat dari apa ?

    Reply
  • 22. joko  |  February 23, 2008 at 12:43 am

    Bro,tu buat malnya untuk ekor gimana sich bisa lebih detil ga..?

    Reply
  • 23. Reifand  |  February 26, 2008 at 8:39 am

    Bro, nama dan alamat toko yg jual bahan utamanya bisa dikasih tau? Jatinegara kan luas, Bro.. Thanks a lot..

    Reply
  • 24. dafa  |  March 3, 2008 at 3:05 pm

    gw pernah coba bikin, tapi fibre yg gw beli sptnya gk bagus, agak tebal kasar, klo u/ modif beginian jenis fibrenya seperti apa? gw ada referensi, u/ buat cetakan bodi motor/mobil pakai tanah liat/clay
    tanah liatnya seperti apa?bisa beli dimana?uda dulu, tanxs brooo

    Reply
  • 25. koero  |  April 5, 2008 at 5:26 am

    BRO….
    itu kan buat dasar bawah nya tangki….
    nah untuk bagian atas tangki???
    dan untuk buntut nya… gimana cara ngebentuknya??

    untuk membuat bentuk yang kita inginkan….
    contoh tangki & buntut R6,
    apa harus punya tangki R dan buntut R6 yang asli sabagai master masnyal??

    o iya bro… ini kan putus2 bro…bisa ngga dibuat dari awal hingga akhir….legkap agar bisa jadi tutorial bagi siapapun yang ingin belajar bikin….
    terima kasih sebelumnya

    Reply
  • 26. akulakilaki  |  April 9, 2008 at 4:26 am

    top top markotop!! keren Bro!!! btw.. ntar gw nyoba ah.. buat Vespa gw Hahahahahahahahaha/…

    Reply
  • 27. cole  |  April 26, 2008 at 1:47 pm

    keren banget bro!!!….salut….seperti yang laen gw minta perincian harganya donk klo dah kelar…gw mo mesen nich!tolong kirim via email gw yach….thank’s bro…keep inovation!

    Reply
  • 28. ally  |  May 4, 2008 at 12:24 pm

    d rumah udh jadi bikin tangki ninja coak plus sirip ikan hiu ciri khas anak2 ninja samarinda.nah tuk bikin dudukan tutup tangki gimana bro.thx
    kalo bsa dengan gambarnya.
    skali lagi thx.

    Reply
  • 29. ryry  |  May 8, 2008 at 4:00 am

    salam kenal saudara ku,,,,keren banget thu motor luh brooo…..kalo thunder bisa ga ya?haha
    oh iya kalo harga tutup tangki ninja brapa ya bro???gue tunggu broo jadinya motor loh.thankxx

    Reply
  • 30. ewin  |  May 12, 2008 at 6:27 am

    dimn gw bisa dapet buntut atas sama penutupnya bro???
    tlg kasih tau ya???
    lam knl dari saya ewin

    Reply
  • 31. ewin  |  May 12, 2008 at 6:30 am

    dimn gw dapet buntut sama tutup bawah R6 bro?
    buntut tu bgs bgt

    Reply
  • 32. ewin  |  May 12, 2008 at 6:32 am

    gw di kalimantan bro……….
    gw punya vixion yg blm di permak

    tlg ya???

    Reply
  • 33. ewin  |  May 12, 2008 at 6:33 am

    law ada hubungi email aq ya

    Reply
  • 34. khayun alwy  |  May 30, 2008 at 10:56 am

    salam kenal bro!!!!!!!!!

    keren abis tuh bro… gw juga mo pesen buat v-ixion gw. boleh dunk gw minta perincian harganya kalau dah kelar.. kirim ke e-mail gw y bro…

    thank’s sebelumnya

    Reply
  • 35. asyurthea  |  June 2, 2008 at 4:40 pm

    gw punya niat mo beli vixi neh bro, kasih comment dong! apa ada pendapat bwt gw nieh?

    Reply
  • 36. Hendro  |  June 3, 2008 at 12:33 am

    Ass.coy…kayaknya da satu yang sama skali lom u singgung n ntu bikin aku bertanya…klo pas diposisi dudukan baut biar ga melenceng ma aslinya gmn…misal buat firing….thanks ya penjelasanya…klo bisa upload dunk ke email….

    Reply
  • 37. aphenk  |  June 19, 2008 at 5:48 am

    Bro, aku tinggal di singkawang Prov.kalbar disini bahan nya ga ad untuk bikin fiber… bs kasi informasi ndak temat belinya dmna… yg jelas alamat lengkapnya+no telp…

    Reply
  • 38. aphenk  |  June 19, 2008 at 6:03 am

    di ulang bro.. harga bahan2 tolong dijelaskan…
    tolong ya…
    kita tunggu

    Reply
  • 39. Fatra  |  June 20, 2008 at 11:08 am

    btw, gw baru liat tulisan ini, secara vixion besok baru mau dianter gitu deh..

    Satu kata aja deh, cepetan kelarin tulisannye…..ixixixixi….koq gw yg ngebed yak….ihiks…..>:(

    Reply
  • 40. black  |  June 29, 2008 at 9:27 am

    anjing..
    keren bangaet..sumpah..emang ide adalah sesuatu yang tak terbatas,,
    thanks banget bro info – info kamu selama ini…

    Reply
  • 41. diana  |  July 1, 2008 at 3:05 am

    gw mw beli lho poenya,calling gw yeah
    dsini ni :08179702040

    Reply
  • 42. angga mudzu  |  July 1, 2008 at 3:09 am

    keren bngt coy. . . gw mw bkin ah. . tpi ni kantong kering. . mslhny gw msh kcil,kalaw dkirim ksini bisa…?gw byar brpa pun…..
    calling gw yach:08179702040

    Reply
  • [...] Mod Part. 02 [...]

    Reply
  • 44. lele  |  July 31, 2008 at 5:03 am

    kuereeeeeeenn bgdddddddd!!!!! bro!
    hmm, , , gw jd pngn bnr2 bkin nee. btw bwt tangkinya dalamnya pnampung bensinnya gmn??
    tyus bwt lampu belakang pake ap? itu sipit kan?
    thx.

    Reply
  • 45. adnam  |  August 19, 2008 at 6:20 pm

    bro mau dunk… brw stangnya pake apa

    Reply
  • 46. abdee  |  August 24, 2008 at 4:35 am

    cucok bro!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    selamat

    Reply
  • 47. Jsen  |  September 18, 2008 at 2:17 am

    bro itu tangkinya kq ixa kembung gitu gimana ya??? >,<
    nice job bro!!

    Reply
  • 48. sanjaya  |  October 19, 2008 at 3:46 pm

    bengkel yang bagus n murah buat modif dmn ya mas???

    Reply
  • 49. heri  |  November 17, 2008 at 6:48 am

    wuih…keren banget deh..mau dong mas. kebetulan motor ku juga vixion. kira-kira berapa ya biaya yang dibutuhkan sampe jadi n siap pakai mas.thanks bro…..

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Anda Tamu Ke:

  • 1,469,303 Visitors

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

